Cara Membuka Rekening Hingga Membeli Saham

Bagaimana cara anda yang ingin memulai berinvestasi saham? Bagaimana caranya untuk dapat membuka rekening saham dan mulai untuk dapat membeli saham? Dalam artikel ini akan di mencoba membahas tentang mengenai tutorial atau sebuah cara yang dimana bisa anda gunakan untuk dapat membuka rekening saham dan juga cara membeli saham. Dari sekian banyak dari instrumen investasi, saham sendiri yang dimana merupakan salah satu dari sebuah bentuk investasi pada situs judi bola online yang umumnya menarik. Hal ini sendiri dimana dikarenakan saham yang merupakan salah satu dari sebuah instrumen investasi yang dimana memiliki sebuah imbal dari sebuah hasil yang besar dalam jangka waktu yang juga relatif singkat. Banyak investor yang dimana nantinya juga sangat ingin berinvestasi di saham, namun ada beberapa hal yang tentunya juga perlu diketahui oleh para investor pemula dalam mengenai memulai sebuah investasi saham. Karena itu dalam artikel ini, nantinya akan dibahas mengenai sebuah cara memulai sebuah investasi saham dari hal membuka rekening saham hingga juga dalam membeli saham. Sebelum dimulai membahas mengenai cara untuk dapat membeli saham, mari kita mulai dengan cara membuka rekening saham di bawah ini.

Persyaratan Rekening Saham

Proses untuk dapat membuka sebuah rekening saham ternyata terbilang cukup sederhana. Sebelum Anda yang nantinya mencoba membuka rekening saham, tentunya ada beberapa dari syarat yang perlu disiapkan untuk anda yang dapat membuka rekening saham, di antara lain seperti :

ID Card

KTP/KITAS/Passport, ID Card sendiri yang merupakan sebuah syarat wajib bagi Anda yang nantinya ingin membuka sebuah rekening saham. Untuk WNI, maka syarat wajib yang dimana diperlukan adalah sebuah KTP, tidak bisa digantikan dengan SIM ataupun juga Passport. Sementara bagi WNA, maka yang dimana syarat KITAS atau Paspor menjadi sebuah syarat wajib juga.

NPWP

Juga menjadi sebuah syarat wajib saat pembukaan sebuah rekening efek. Bila Anda yang nantinya belum mempunyai NPWP, Anda yang dimana nantinya dapat meminta surat pada sekuritas tempat Anda untuk mendaftar rekening untuk dapat membuat pernyataan tidak memiliki NPWP.

Cover Buku Tabungan

Juga menjadi sebuah hal yang termasuk salah satu syaratnya. Dengan adanya cover buku tabungan ini, nantinya menjadi sebuah hal yang akan dapat memudahkan para pihak sekuritas untuk dapat memeriksa rekening bank dari pemilik nasabah. Bila nantinya nasabah yang dimana ingin menarik uangnya yang ada dari rekening saham, rekening inilah yang nantinya dapat menjadi penampungan tiap kali melakukan sebuah penarikan dana. Anda pun yang dimana nantinya juga akan dapat mengintegrasikan rekening bank Anda dan kemudian menjadi RDI dengan berkonsultasi pada broker anda.

No Identitas KSEI

Dimana adalah sebuah persyaratan yang hanya berlaku bila Anda yang sebelumnya sudah mempunyai sebuah rekening saham dan anda yang dimana ingin membuka rekening yang kedua. Meterai Rp 6.000, Anda nantinya dapat sediakan uang untuk membeli meterai. Meterai yang juga menjadi salah satu yang dibutuhkan antara 2-8 meterai, bergantung nantinya pada kebutuhan Anda. Setelah Anda nantinya telah mempersiapkan semua persyaratan yang sudah di sebutkan di atas, maka Anda yang sudah mulai dapat menentukan sekuritas mana yang nantinya akan Anda pilih. Bila Anda yang dimana nantinya masih bingung untuk menentukan sekuritas mana, Anda yang juga dapat membaca terlebih dahulu tips untuk dapat memilih broker saham yang sudah kami bahas sebelumnya. Semoga Anda yang bisa mendapatkan broker yang tentunya sesuai dengan Anda.

Membuka Rekening Saham

Setelah Anda nantinya mengetahui semua persyaratannya, maka dimana langkah berikutnya adalah anda yang dimana nantinya dapat Anda lakukan untuk bisa membuka rekening saham Anda:

Bertemu Broker dan Membuat Rekening

Setelah Anda nantinya menentukan sebuah pilihan broker, bila Anda nantinya dapat berniat untuk bisa membuka rekening saham yang digunakan secara online, Anda yang nantinya juga akan dapat mengunduh formulir yang anda gunakan secara online yang sudah disediakan oleh perusahaan sekuritas yang ada di website-nya, kemudian anda yang bisa mengisi dan mengirimkannya. Atau bila Anda yang nantinya punya seorang teman yang tentunya dapat merekomendasikan seorang broker tertentu, Anda pun yang nantinya akan dapat membuat sebuah janji dengan broker untuk dapat bertemu langsung untuk bisa membukakan rekening Anda.

Mengisi Formulir dan Melampirkan Persyaratan

Setelah Anda nantinya sudah bertemu dengan broker, Anda yang juga sudah dapat mengisi formulir dan juga anda yang nantinya juga sudah bisa pembukaan rekening, termasuk juga dengan rekening saham dan rekening dana investor. Pengisian formulir yang dimana mirip seperti saat membuka rekening di bank pada biasanya. Kami sarankan untuk anda dapat mengisi dengan cara yang benar setiap kolom pada formulir pembukaan account. Jangan lupa juga anda yang nantinya untuk melampirkan sebuah persyaratan pembukaan rekening seperti yang nantinya sudah dijelaskan di atas.

Memilih dan Membuka RDI

Selain itu dimana formulir untuk pembukaan rekening saham ini pun umumnya akan terdiri menjadi dua bagian, yaitu pembukaan dari rekening saham dan juga pembukaan rekening dana dari investor (RDI). Pembukaan Rekening Saham ini yang dimana bertujuan untuk membuka sebuah rekening di perusahaan sekuritas, dan juga untuk sebuah data yang dimana disampaikan pada sebuah Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Ini nantinya adalah sebuah rekening penyimpanan saham yang nantinya Anda miliki. Sementara untuk Rekening Dana Investor (RDI) sendiri adalah sebuah rekening dari dana Anda, yang dimana ditempatkan pada sebuah bank, terpisah dari rekening perusahaan efek yang ada.

Manfaat RDI ini sendiri yang dimana adalah salah satu cara agar nantinya Anda yang dimana mempunyai sebuah rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian dari transaksi saham yang Anda punya. RDI ini sendiri yang dimana juga memang bertujuan untuk dapat menyimpan sebuah dana nasabah yang dimana tidak dibelikan saham. Peraturan mengenai pemisahan rekening ini sendiri dimana belum lama diterapkan oleh pemerintah Indonesia, karena sebelumnya dimana setiap dana yang akan disetorkan pada rekening saham yang dimana akan disimpan di rekening sekuritas, sehingga dana Anda nantinya akan bergabung dengan dana-dana dari investor yang lain.

Dengan adanya cara pemisahan ini yang dimana tentunya akan menjadi sebuah hal yang akan mungkin terlihat sedikit merepotkan tapi tujuan dari pemisahan ini adalah memang untuk semua keamanan pihak investor. Sampai di sini, Anda yang dapat memilih Bank untuk penampungan dana Anda nantinya (bank untuk RDI). Sangat disarankan juga Anda yang dimana memilih RDI dari bank yang sama nantinya dengan rekening pribadi Anda. Hal ini nantinya juga menjadi sebuah hal yang dilakukan agar Anda yang nantinya akan bisa menghemat biaya administrasi seperti halnya Kliring dan RTGS bila ingin menyetor dana ke RDI, maupun untuk menarik uang dari RDI.

Itulah beberapa syarat dan beberapa yang harus anda lakukan untuk membuka rekening saham. Tentunya hal ini dilakukan setelah anda sudah memilih broker yang tepat untuk anda.