Apakah Investasi dan Menabung itu sama ?

Sebenarnya, apa sih yang kalian ketahui dari dunia Investasi dengan dunia menabung ? apakah keduanya sama atau justru memiliki perbedaan yang nyata ? jadi jika kalian menganggap kedua hal ini sama, maka kalian perlu memikirkan kembali hal tersebut. 2 kata yakni Menabung dan Investasi bisa dikatakan menjadi 2 kata yang sudah sangat amat umum di masyarakat. Namun, bukan berarti kedua hal ini harus sama lho. 

Selain adanya kata yang umum, kegiatan menabung juga sudah sangat lama mengakar di masyarakat kita. Sementara untuk investasi ini sudah banyak dan juga lama orang-orang melakukannya, kegiatan ini sendiri semakin menarik minat masyarakat di era milenial tersebut. 

Dan dengan semakin tingginya sebuah pemahaman akan keuangan dan juga demi menyiapkan kembali masa tua yang jauh lebih baik,  kini kalian juga sudah tidak akan pernah asing dengan sedikit orang yang memulai melakukan berinvestasi. Walau bentuk dan skala investasi yang ada ini bisa dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, setidaknya sampai detik ini orang-orang juga sudah tidak ada lagi yang namanya anti atau takut terhadap urusan mencoba dunia Investasi tersebut. 

 

Mengenal Pengertian Investasi dan Menabung 

Jika diambil langsung dari KBBI , maka Investasi ini adalah sebuah penanaman uang atau modal di dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan bisa memperoleh keuntungan tersebut. Sementara itu, menabung menurut KBBI  menjadi sebuah kegiatan menyimpan uang yang kalian miliki. 

Lebih lanjutnya, jika menabung sendiri menjadi kegiatan memisahkan  sebagian uang hanya untuk disimpan dengan sebuah harapan bisa digunakan kapanpun nityu saat benar-benar kalian butuhkan. Sementara itu, untuk Investasi sendiri dilakukan untuk mengembangkan uang serta aset kekayaan. Dan disini seseorang yang berinvestasi bisa menyiapkannya hanya dalam jangka waktu pendek, menengah maupun jangka panjang. 

Untuk Investasi sendiri memiliki nilai uang tertentu yang harus bisa kalian tanam, dan jumlahnya sendiri bisa besar atau kecil dan jumlah tersebut akan mempengaruhi besaran nilai keuntungan yang kalian terima. Sementara itu, menabung sendiri masih bisa kalian lakukan, dengan tetapan pada berapapun nilai yang sesuai sekali dengan keadaan dari finansial dan bisa kalian lakukan kapan pun itu. 

 

Perbedaan Terhadap Investasi dengan Menabung 

Walau keduanya ini benar-benar baik, maka menabung dan investasi ini memiliki perbedaan yang cukup sekali mendasar. Keadaan keuangan ini bisa lebih baik jika memahami adanya perbedaan diantara keduanya. Dengan begitu, kalian bisa mengalokasikan nilai yang jauh lebih tepat untuk investasi dan juga tabungan. Harapannya sendiri tentu saja agar bisa mempermudah kalian capai tujuan keuangannya dan saat ini atau ada di masa depan. 

 

Investasi dan Menabung Menjadi Kegiatan Menyimpan Uang 

Selain adanya perbedaan, Menabung dengan Investasi memiliki persamaan yang mana keduanya sendiri menjadi kegiatan menyimpan uang. Perbedaannya sendiri ada pada cara mengelola uang, bentuk dari nilai keuntungan , hingga memiliki fungsi dari itu semua. 

Dan disaat menabung kalian bisa benar-benar bisa menyimpannya di Bank maupun di rumah. Dan keuntungan menyimpan uang di Bank ini jauh lebih aman dan adanya pemakaian dari bunga. Sementara itu, untuk investasi bisa dilakukan di Bank dengan membeli Instrumen Investasi ataupun pada pasar saham yang ada. 

Menabung juga menjadi sebuah kegiatan yang sudah lama ditanamkan sejak kecil. Dan disini kita diajarkan langsung dengan menabung kita bisa menjadi sangat kaya. Sementara itu untuk saat ini, masih banyak juga orang beranggapan hanya untuk memiliki aset kekayaan yang banyak tidak cukup hanya untuk menabung. Dan untuk menabung kebiasaan yang sangat baik dan juga jika tidak ingin keuntungan yang lebih maka Investasikanlah uang yang ada. 

 

Memiliki Nilai Keuntungan yang Berbeda-Beda

Ketika kalian menabung uang yang kalian miliki, maka dalam hal ini kalian tidak bisa dengan mudah mengharapkan adanya keuntungan dari bunga bank. Hal ini memang dikarenakan bunga yang didapatkan tidak begitu besar. Belum lagi jika memiliki inflasi, maka nilai dari mata uang yang kalian tabung ini bisa menurun di setiap tahunnya. Dan sebab itulah, menabung tidak akan bisa menghasilkan keuntungan semata. 

Lain halnya lagi jika memang kalian berinvestasi, maka disini nilai dari investasi pasti bisa dilakukan hanya untuk mencari dan mendapat keuntungan tersebut. Kalian bisa memulai dengan melakukan investasi pada nilai yang minim dan meningkat seiring dari berjalannya waktu. Maka, semakin banyak uang yang ditanamkan akan semakin tinggi lagi nilai investasi yang ada. Dari sinilah, akan semakin besar kemungkinan keuntungan yang bisa kalian dapatkan. 

Jadi sebab itulah, kalian yang ingin langsung mencari keuntungan dan mengembangkan uang pilihlah untuk investasi tersebut. Sementara itu, untuk membangun cadangan uang atau bisa mengumpulkan adanya dana darurat maka kalian bisa menabung di setiap bulannya. Sebagai sebuah informasi saja, cara menabung yang benar adalah dipisahkan sejumlah uang di awal bulan sebelum kalian benar-benar bisa mengalokasikan uang tersebut dari berbagai keperluan. Lalu cara mengumpulkan uang seperti ini akan jauh lebih efektif dibanding dengan menabung dari uang yang tersisa dari hasil pengeluaran tersebut. 

 

Resiko dari Keduanya juga Sama-sama Berbeda 

Selain keuntungan yang jelas berbeda, disini resiko yang dihadapi dari keduanya juga sama-sama berbeda. Menabung uang memiliki resiko yang mana mungkin untuk bisa kalian hadapi dengan cara kehilangan atau pencurian. Namun dengan mengenakan adanya sistem penyimpanan uang di bank saat ini, keamanan kalian akan jauh lebih terjamin lagi adanya. 

Selama tidak adanya lagi masalah dengan keamanan baik di bank, atau juga di rumah tempat kalian menyimpan uang. Maka, tabungan akan cenderung aman. Berbeda lagi jika adanya investasi  yang memiliki resiko kerugian jauh lebih besar apalagi jika dana yang memang kalian tanamkan ini tidaklah sedikit. Ingat, semakin banyaknya uang yang diinvestasikan semakin besar, keuntungan yang bisa didapat namun juga semakin besar dari resiko kerugian yang akan kalian terima. Jika memang ada investasi gagal dan juga tidak berjalan sesuai dengan prediksi yang ada, maka disini kalian bisa kehilangan sebagian atau bahkan seluruh uang yang sudah kalian investasikan. 

 

Banyaknya Pilihan untuk Bisa Berinvestasi 

Untuk tabungan sendiri tidak memiliki banyak pilihan kecuali untuk menyimpan uang di Bank. memang mungkin saja jika Bank ini akan menawarkan adanya sejumlah program tabungan dengan keuntungan yang pastinya berbeda-beda. Jadi disini kalian bisa untuk depositkan adanya uang jika memang uang tersebut ingin aman disaat yang bersamaan tetap bisa mendapatkan keuntungan tersebut. 

Sementara itu, untuk investasi memiliki banyak sekali pilihan yang akan kalian jalankan. Investasi tersebut masih berbuntut dalam jangka pendek, menengah maupun dalam jangka panjang. Ada juga investasi yang diberikan dengan nominal kecil yakni ari Rp. 100.000 atau dengan modal yang begitu besar. Jenis dari investasi ini sendiri ada yang berupa pada aset riil yakni Logam Mulia atau sebuah properti. Dan ada juga dalam bentuk keuangan seperti halnya investasi reksa dana, saham maupun obligasi nyata. Contoh produk inilah yang memang benar-benar bisa kalian lakukan jika sedang memulai Investasi.