Sektor Investasi hingga Kesalahan yang Patut Dihindari

Mungkin dengan berinvestasi sudah menjadi cara yang paling efektif sekali untuk bisa memulai mengakumulasikan guna bisa mencapai tujuan pasti dalam masalah keuangan. Menurut data inflasi di Negara Indonesia ini sudah berkisar di angka 3 hingga 5% per tahunnya. Tak mungkin untuk bisa mengejar adanya laju kenaikan atas biaya pendidikan di masa mendatang dengan hanya mengandalkan tabungan biasa saja. Sudah pasti, disini kalian harus bisa bermain Investasi. Untuk yang belum tahu akan dunia Investasi, maka kalian bisa saja mengulik kembali beberapa artikel yang ada mengenai pengertian dari Investasi itu sendiri. Sama halnya seperti yang akan kami kulik kembali mengenai beberapa Sektor atau jenis Investasi yang bisa kalian lakukan di dunia ini. Ditambah sedikit informasi atas kesalahan-kesalahan yang memang sepatutnya untuk bisa kalian hindari dalam dunia Investasi itu sendiri. 

Nilai Investasi ini menjadi fungsi dari Konsumsi yang mana semakin besarnya konsumsi akan semakin kecil saja nilai Investasi, begitupun sebaliknya. Nah pengeluaran dari konsumsi ini menjadi pengeluaran yang mana tidak akan menghasilkan peningkatan nilai dari Aset seperti : makan – Jalan Jalan – Fashion – lalu Membeli Barang Konsumsi dan lain sebagainya. Jangan salah, pola konsumsi ini sudah menjadi hal yang paling penting sekali untuk bisa dicermati karena memang banyak sekali orang yang Khususnya para Milenial. Dimana memiliki Konsumsi yang jauh lebih besar di setiap bulannya, membuat yang tidak bisa melakukan investasi dalam jumlah yang layak. 

Sektor atas Berbagai Jenis Investasi di Dunia 

Mungkin dari banyaknya masalah dalam berinvestasi yakni ada pada salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan oleh kalian. Semisalnya sudah terpaku pada beberapa produk keuangan tertentu saja dan tidak benar-benar tahu bahwa ada produk keuangan lain yang mana sebenarnya bisa dalam membantu untuk mewujudkan tujuan dari keuangan yang hendak bisa dicapai. Disini ada banyak sekali jenis Instrumen  Investasi, dan disini kami juga ingin menekankan bahwasannya Tabungan dengan Deposito bukanlah sebuah Investasi. 

Berikut ini akan kami berikan beberapa jenis investasi yang bisa kalian lakukan saat ini juga : 

  • Investasi Saham 
  • Investasi Emas
  • Investasi P2P Peer to Peer
  • Investasi Reksadana 
  • Investasi pada Properti Rumah dan Apartemen 

1.1 Mengulas Investasi Saham 

Jika kalian tahu bahwa salah satu orang terkaya yang ada di dunia ini dan hidup makmur dari dunia Investasi Saham adalah “ Warren Buffet “… dimana dari literatur Finansial sudah memastikan dalam penempatan saham sebagai instrumen Investasi dengan adanya Return paling tinggi. Dari beberapa waktu, Bursa Efek Indonesia atau BEI sudah menggalakkan program pada Nabung Saham, yang mana mampu memberikan kesempatan untuk Investor pemula dalam memulai bermain saham dengan Investasi Kecil dan juga Biaya yang terjangkau. Dalam hal ini saham juga memiliki resiko besar, diantaranya : 

  • Harus memahami dengan baik apa itu dunia saham, sebab pemahaman yang kalian miliki dengan baik maka bisa saja menentukan strategi Investasi saham yang kalian sebaiknya jalankan. 
  • Harus bisa melakukan Diversifikasi Investasi dengan cara kalian tidak mudah untuk menempatkan semua uang di saham namun membaginya ke instrumen lainnya. Agar dalam pasaran masih bisa bertahan saham yang ada. 
  • Fokus untuk bermain ke saham Blue-Chip. 
  • Harus memiliki kesabaran dalam bermain investasi Saham. 

2.2 Mengulas Investasi Emas 

Emas sudah masuk ke dalam instrumen Investasi yang memang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Dalam hal ini pasti peranan dari orang tua ada yang menyarankan ke kalian dalam melakukan Investasi emas. Semuanya pasti juga tahu bahwa keuntungan yang bisa diberikan Investasi emas di antaranya adalah Harga Emas yang Relatif Stabil, lalu bisa tahan akan inflasi dan mudah untuk dijual. 

Lalu investasi emas online yang mana memiliki banyak keuntungan yang bisa meliputi : 

  • Proses dasar dari Jual Beli emas yang saat ini mudah sekali untuk bisa dilakukan melalui aplikasi. 
  • Resiko atas Kehilangan Emas yang mana jauh lebih kecil. Sebab dalam Investasi online fisik dari emas yang kalian beli bisa langsung disimpan oleh penjual emas. 
  • Proses dari perintah jual emas ini bisa dilakukan dengan cara online. 
  • Membeli emas juga bisa melalui Platform E-Commerce online. Yang mana akan memudahkan bagi golongan milenial untuk bisa mengakses Investasi Emas. 

3.3 Mengulas Investasi P2P 

Jadi investasi ini menjadi sebuah fenomena yang muncul berbarengan aats Trend dari Finansial Teknologi atau Fintech Indonesia. Untuk jenis ini pastinya akan dilakukan secara Online melalui teknologi Informasi milik Platform P2P. contoh dari beberapa Platform pada P2P ini adalah Investree – Modalku -Koinworks dan masih banyak lagi yang lainnya. Platform P2P sudah memilih calon peminjam sesuai dari kriteria dan bisa benar-benar menetapkan Profile dari Resiko peminjam, lalu bisa menempatkan calon peminjam ke Marketplace P2P yang mana Investor ini bisa memilih peminjam yang akan langsung di danai. 

Mekanisme dari P2P ini bisa memberikan keuntungan yang terdiri langsung atas : 

  • Return yang kemungkinan ditawarkan akan jauh lebih tinggi untuk para Investor dikarenakan Hubungan langsung antara Investor dengan Borrower yang pernah dialami oleh situs duwitmu.com ini mencapai 12 hingga 16% selama setahun. 
  • Nilai atas Investasi P2P akan relatif kecil dan juga terjangkau. Misal dimulai dari Rp. 10.000 per pendanaan. 
  • Lalu penggunaan teknologi Informasi bisa membuat proses Investasi P2P berlangsung Online dan jauh lebih efisien. Jadinya cocok untuk dunia Digital pada saat ini. 

4.4 Mengulas Investasi Reksadana 

Ini dia investasi paling murah dan mudah bagi pemula. Nah disini kalian hanya cukup untuk memilih dan cukup untuk menempatkan dana di Reksadana saja lalu selebihnya, kalian bisa serahkan ke Manajer Investasi untuk mengelola investasi yang kalian miliki. 

Kehadiran dari dunia Fintech akan membuat proses Investasi Reksadana, yang mana sudah mudah dan juga semakin mudah seperti : 

  • Harus meminimumkan Investasi Reksadana yang saat ini sudah bisa dimulai dari Rp. 10.000 saja. 
  • Aplikasi dari Investasi Reksadana Online yang ditawarkan ini akan jauh lebih terbuka sangat lebar untuk siapapun itu. 
  • Platform yang biasanya menerima Investasi dari reksadana ini layaknya Tokopedia dengan Bukalapak. 

Hal yang bisa diperhatikan, sebelum bisa menempatkan dana di Reksadana ini dengan menentukan dan bisa memastikan Tujuan atas Keuangan kalian karena memang sudah berdasarkan dari Tujuan tersebut dan kalian bisa memilih Reksadana ini. 

Selanjutnya adalah Investasi untuk Properti Rumah dan Apartemen yang mana, untuk kenaikan dari harga Properti ini sering dengan keterbatasan dari lahan dan bertambahnya populasi dari penduduk terutama di kota besar menjadi keuntungan utama. Lalu adanya uang sewa Properti ini bisa disewakan dan akan mampu memberikan penghasilan rutin selama masa sewa datang. Jadi tinggal pintar-pintar kalian saja ingin bermain Investasi pada jenis yang mana ?!