Mengupas Segala Macam Dunia Investasi

Bagi sebagaian orang cara untuk menjaga keamanan finansial dengan berinvestasi untuk masa depannya, tetapi tidak semua orang berpikiran untuk melakukan investasi karena beberapa faktor. Namun sangat disayangkan sekali jika tidak melakukan investasi dari usia dini, semakin dini melakukan investasi maka akan semakin menguntungkan pada nasa yang akan datang.

Dengan hanya modal kecil sudah dapat melakukan investor dengan pengelolaan secara profesional yang dilakukan oleh manager investasi. Untuk investor awal yang merasa masih ragu dan khawatir untuk kehilangan uang pada saat investasi, dapat melakukan investasi di reksadana. Karena reksadana telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pengertian Investasi

 ~ Pengertian Umum Investasi

Investasi ialah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berkaitan dengan keuangan dan ekonomi. Investasi berkaitan dengan kata akumulasi dalam bentuk aktiva untuk memenuhi harapan agar mendapatkan keuntungan dimasa depan, namun investasi pun disebut dengan penanaman modal.

~ Pengertian Investari Menurut Para Ahli

  1. Menurut Sutojo
    Investasi adalah usaha menanamkan faktor-faktor produksi langka dalam proyek tertentu, baik yang bersifat baru atau perluasan proyek atau pabrik yang sudah ada memperoleh manfaat keuangan atau non  keuangan yang layak dikemudian hari.
  2. Menurut M. Suparmoko
    Termasuk dalam persediaan kapital adalah rumah-rumah dan persedian barang-barang yang belum dijual atau dipakai pada tahun yang bersangkutan (Investory). Jadi investasi adalah pengeluaran yang menambahkan persedian kapital
  3. Menurut Deliarnov
    Investasi merupakan pengeluaran suatu perusahan yang melakukan pembelian bahan baku atau material, mesin-mesin, dan peralatan pabrik dan modal untuk melalukan suatu produksi. dari semuanya ini, nantinya pengeluaran tersebut akan masuk pada tahapan pengeluaran dari perusahaan itu sendiri.
  4. Menurut Husnan
    Proyek investasi merupakan suatu perencana untuk mendapatakan investasi dari sumber daya yang ada, baik untuk proyek yang sangat rahasia atau proyek biasa pada umumnya yang akan menghasilkan manfaat dimasa akan datang. Manfaat yang datang pada masa akan datang ialah dalam bentuk uang, tanah, bangunan, mesin, dan lain lain.
  5. Menurut Sadono Sukirno
    Dari Sadono sendiri sempat menyatakan mengenai investasi itu sendiri adalah sebuah pengeluaran dari suatu pembelanjaan pada sebuah penanaman modal yang memang seriang terjadi pada umumnya. hal ini biasanya mencakup pada perlengkapan : produksi barang hingga jasa pada setiap perekonomian yang ada.
  6. Menurut Mulyadi
    Investasi ialah mengaitkan sumber dana dalam jangka panjang untuk menghasilkan laba dimasa yang akan datang. Definisi investasi merupakan suatu komitmen atas jumlah dana dan penundaan komsumsi selama periode waktu yang tertentu untuk mendapatkan sejumlah keuntungan dimasa yang akan datang.
  7. Menurut Tandellin
    Investasi merupakan komitmen atas sejumlah dana atau sumber yang dilakukan pada saat ini, dnegan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan dimasa yang akan datang. Tujuan seseorang berinvestasi yaitu untuk meningkatkan nilai perekonomian dari suatu hasil investasi.
  8. Menurut Martono dan D. Agus Marjito
    Investasi merupakan cara menanaman dana yang dilakukan oleh suatu perusahaan kedalam suatu asset (aktiva) dengan harapan memperoleh pendapatan dimasa yang akan datang.
  9. Menurut Taswan dan Soliha
    Investasi dapat dilakukan ileh individu maupun badan usaha yang memiliki kelebihan dana. Investasi dapat dilakukan baik dipasar uang maupun di pasar modal, atau ditempatkan sebagai kredity pada msayarakat yang membutuhkan.
  10. Menurut Sunariyah
    Investasi adalah suatu penanaman modal untuk satu atau lebih aktiva yang dimiliki dan biasanya berjangka waktu lama dengan harapan mendapatkan keuntungan dimasa-masa yang akan datang.
  11. Menurut Jogiyanto
    Investasi sebagai penundaan konsumsi sekrang untuk digunakan didalam produksi yang efisien dalema periode waktu tertentu.
  12. Menurut Kasmir dan Jakfar
    Investasi ialah penanaman modal dalam suatu kegiatan yang memiliki jangka waktu relatif panjang dalam berbagai bidang usaha. Penanaman modal yang ditanamkan dalam arti sempit berupa proyek tertentu baik bersifat fisik atau non fisik. Seperti pembuatan jembatan, pembangunan gedung, pendirian pabrik, proyek penelitian dan perkembangan.
  13. Menurut Haming dan Basalamah
    Investasi merupakan pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva real denga tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dimana masa mendatang.
  14. Menurut Fitz Gerald
    Investasi merupakan usaha penarikan sumber-sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang, lalu kemudian barang modal tersebut akan menghasilkan aliran produk baru dimasa yang akan datang.
  15. Menurut Downes dan Goodman
    Investasi adalah investasi keuangan dimana seorang investor menanamkan uang dalam bentuk usaha dalam waktu tertentu dari sertiap orang yang ingin memperoleh hasil laba dari keberhasilan pekerjaannya.
  16. Menurut M. Suparmoko
    Investasi adalah pengeluaran yang ditujukan untuk menambah atau mempertahankan persedian kapital (capital stock) seperti mendirikan pabrik serta membeli mesin-mesin pabrik.

Jenis Investasi Beserta Penjelasan Mengenai Investasi

  1. Jenis Investasi Saham
    Investasi saham merupakan suatu cara untuk investasi penananan modal dengan suatu perusahaan untuk dapat membeli dan memiliki saham disebuah perusahaan, lalu mendukungan perekonomi suatu perusahaan yang membutuhkan dana dan setelah berhasil akan mendapatkan keuntung bagi para pemegang saham.
  2. Jenis Investasi Reksa Dana
    Reksa Dana merupakan wadah untuk menghimpunan dana dari masyarakat untuk melakakukan investasi, lalu dana diinvestasikan dalam portofolio efek oleh mananger investasi.
  3. Investasi Aset
    Investasi Aset merupakan penanaman modal untuk perkembangan aset. Investasi Aset bisa dimulai dengan pembelian tanah, gedung, kendaraan, dan lain-lain. Investasi aset sangatlah menguntungkan dimasa depan sebab setelah memiliki aset ini maka bentuk aset yang dimiliki akan mendapatkan harga yang lebih tinggi, semakin lama aset ini di simpan maka semakin besar hasil yang didapat.
  4. Investasi Obligasi
    Investasi Obligasi merupajan investasi dana pinjaman. Dimana dalam investasi ini investor memberikan Hutang ke perusahaan dan menerbitkan surat hutang kepada perusahaan yang telah menerima dana investasi.
  5. Investasi Valuta Asing (Valas)
    Investasi Valuta Asing merupakan investasi modern yang sangat cocok bagi para investor yang memiliki uang yang banyak. Investasi Valuta Asing sangatlah mudah dan menguntungkan jika bisa melakukan hal yang tepat pada saat akan memilih uang asing mana yang akan dijadikan intrumen investasi.
  6. Investasi Emas
    Investasi Emas berupa investasi dalam bentuk emas, bukan hanya properti yang bisa di investasikan tetapi emas pun bisa. Investasi emas cenderung lebih memerikan keuntungan besar untuk investasi rill, karena umumnya untuk menginvestasikan emas berupa emas batangan yang kapan saja bisa jual/beli dengan mudah dan praktis.
  7. Investasi Deposito
    Investasi Deposito ialah penanaman modal dalam bentuk simpanan uang kepada suatu perusahan dengan memberikan jaminan agar mendapatkan keuntungan berupa bunga dengan jangka waktu yang telah ditentukan atau telah di sepakati.

    Fungsi Investasi Secara Umum

    Fungsi Investasi merupakan suatu kurva yang menunjukan yang berkaitan antara tingkat investadi dan tingkat pendapatan nasional. Ada 2 fungsi investasi, sebagai berikut :

    1. Sejajar dengan sumbu datar
    2. Bentuknya naik keatas kesebelah kanan

    Manfaat Sebuah Investasi

    1. Dapat berpotensi untuk mendapatkan penghasilan dalam jangka panjang
    2. Bisa mengungguli inflasi
    3. Dapat mendapatkan penghasilan yang tetap
    4. Mampu untuk menyesuaikan sebuah kebutuhan yang berubah
    5. Bisa melakukan investasi dengan keuangan yang ada miliki saat ingin melakukan investasi
    6. Mudah untuk melakukan sebuah investasi jangka panjang atau jangka singkat
    7. Dapat meningkatkan aset pada seseorang yang telah melakukan investasi.
    8. Menghindari terjerat hutang piutang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *